Agapornis lilianae
Burung Lovebird

Tips Perawatan Burung Lovebird Harian Untuk Pemula

Tips Perawatan Burung Lovebird Harian Untuk Pemula – Burung lovebird memiliki berbagai macam spesies. Tiap spesiesnya juga terbagi lagi menjadi beberapa warna yang cantik dan menarik. Itu sebabnya burung lovebird banyak digemari oleh banyak penggemar burung, karena variasinya yang sangat beragam. Selain warnanya yang beragam, Burung ini juga memiliki suara kicau yang merdu dan enak untuk didengarkan. Sehingga pecinta burung kicau juga tertarik dengan burung lovebird. Penggemar burung lovebird akhirnya terbagi menjadi 2, yaitu pecinta kicau dan pecinta warna bulunya.

Bagi para pemula yang menyukai burung lovebird dan berencana untuk memelihar lovebird, berikut ini beberapa tips perawatan lovebird yang dapat Anda jadikan panduan.

perawatan burung lovebird

Pemilihan Kandang Lovebird

Perawatan burung lovebird dimulai dari memilih kandang yang tepat untuk burung lovebird Anda. Saat ini di pasaran banyak beredar kandang burung yang diperuntukkan untuk lovebird. Biasanya sering disebut dengan kandang kurung yang berbentuk bulat di bagian atas, dan kandang kotak. Pilihlah kandang yang cukup besar untuk burung lovebird Anda. Jangan terlalu kecil karena dapat menyebabkan stress pada lovebird. Baca juga: Jenis Kandang Untuk Ternak Burung Lovebird.

 

Perawatan Kandang

Rawatlah dengan baik kandang burung lovebird Anda, karena kandang yang baik akan memberikan rasa nyaman pada burung lovebird Anda. Bersihkanlah kandang secara rutin. Kebersihan kandang sangat berperan besar dalam menjaga kesehatan burung lovebird Anda.

Bersihkanlah area bawah kandang yaitu alas yang digunakan untuk menampung kotoran. Bersihkan kotoran secara berkala. Anda juga dapat mencuci alasnya agar kotoran-kotoran yang melekat hilang. Sediakan aksesoris atau mainan pada kandang burung Anda seperti tempat untuk minum dan makan, tempat untuk bertengger atau berayun. Sebaiknya tempat bertengger untuk lovebird menggunakan kayu. Pilihlah ukuran kayu yang tidak terlalu besar, sesuaikan dengan ukuran cakar burung lovebird.

Posisi Kandang Burung Lovebird

Posisi atau peletakan kandang juga harus diperhatikan. Sebaiknya kandang diletakan pada tempat yang memiliki suasana yang tenang. Pastikan juga kandang mendapatkan pencahayaan yang cukup baik. Janganlah Anda meletakan lovebird pada tempat yang terlalu gelap. Hal ini dapat membuat burung lovebird menjadi stress. Ruangan yang terlalu gelap juga dapat membuat kotoran menjadi lembab dan bau. Hal ini dapat memicu penyakit burung. Jangan juga menempatkan kandang yang terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama. Untuk menjemur lovebird Anda sebaiknya pada pukul 08.00 – 10.00 pagi.

Memandikan Lovebird

Mandikanlah lovebird secara rutin agar bulu burung lovebird tetap bagus dan bersih. Cara yang dapat digunakan yaitu dengan menggunakan semprotan. Anda dapat juga menyemprotkan cairan antibakteri ketika sedang memandikan lovebird. Lakukanlah secara perlahan dan rutin agar lovebird terbiasa dengan air. Setelah itu keringkan dengar hairdryer, atau dapat juga dikeringkan dengan cara menjemur burung lovebird Anda.

lovebird mandi dan minum di sungai

 

Perawatan burung lovebird: berjemur

Lovebird sebaiknya dijemur setelah dimandikan. Jemurlah burung pada pukul 08.00 – 10.00 pagi hari. Penjemuran sebaiknya dilakukan kurang lebih selama tiga jam. Anda juga dapat memilih melakukannya pada pukul 15.00 – 17.00 sore hari. Tergantung dengan kondisi cuaca dan matahari. Sebaiknya tidak menjemur lovebird Anda pada saat hujan, atau angin kencang. Hal tersebut dapat membuat burung lovebird menjadi sakit.

 

Demikian sekilas informasi tentang perawatan burung lovebird harian bagi pemula. Semoga informasi ini cukup bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membaca fakta atau informasi tentang lovebird, sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran besar tentang sifat alami burung lovebird.

Incoming search terms:

  • K name HD image
  • a name wallpapers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *