cara ternak lovebird
Burung Lovebird

Cara Ternak Lovebird Bagi Pemula

Cara Ternak Lovebird Bagi Pemula – Bagi pecinta burung, lovebird tentunya memiliki daya tarik tersendiri. Burung yang dikenal dengan kesetiaannya ini mampu menarik perhatian para penggemar burung. Memelihara burung lovebird ini cukup menjanjikan bagi peternak burung lovebird.

Bagaimana jika Anda adalah pemula dalam hal ternak lovebird ini? Jangan khawatir, berikut ini adalah hal-hal apa saja yang perlu Anda ketahui ketika ingin memulai ternak lovebird dengan baik dan benar.

Langkah-langkah Cara Ternak Lovebird Bagi Pemula

1. Memilih Indukan
Cara Ternak Lovebird Bagi Pemula yang Baru Memelihara Burung. Pilihlah indukan yang sehat dan dari keturunan yang berkualitas. Karena sifat dari indukan yang baik ini tentunya akan menurun kepada anaknya. Langkah selanjutnya adalah memilih indukan yang dilihat dari segi suaranya maupun dari warna bulunya. Hal tersebut dapat dipilih berdasarkan tujuan ternaknya apakah untuk kontes kecantikan atau untuk kontes suara.

2. Persiapan Kandang dan Tempat Bertelur
Buatlah kandang sesuai dengan jumlah lovebird yang akan anda pelihara. Untuk sepasang lovebird maka siapkan kandang ukuran 50 x 100 x 50 cm, namun jika ingin memelihara dengan jumlah banyak maka buatlah kandang yang ukurannya lebih besar dan gunakanlah sekat.

Lovebird tentunya membutuhkan tempat untuk bertelur atau disebut dengan glodok. Selain tempat untuk bertelur, glodok juga digunakan sebagai tempat untuk mengerami terlurnya. Glodok biasanya berbentuk persegi dengan ukuran 20 X 20 X 25 cm. Glodok dilengkapi dengan kayu serut, dedaunan ataupun ranting kecil yang bertujuan agar lovebird merasa nyaman. Biarkan lovebird sendiri yang membuat sarangnya.

3. Penentuan Jenis Kelamin
Terkadang kita kesulitan membedakan jenis kelamin dari lovebird tersebut, sehingga dapat terjadi kejadian memasangkan lovebird dengan jenis kelamin yang sama dalam satu kandang. Oleh karena itu, anda harus memastikan bahwa lovebird yang anda satukan dalam kandang memiliki jenis kelamin yang berbeda yaitu antara jantan dan betina.

4. Mengetahui Usia Siap Kawin
Usia lovebird yang telah siap kawin yaitu minimal satu tahun. Anda juga perlu memperhatikan usia dari indukannya. Lovebird jantan sebaiknya berusia lebih tua dibandingkan betina. Hal ini bertujuan agar lovebird jantan lebih mendominasi dalam proses kawin.

5. Pemilihan Makanan
Setelah lovebird kawin, tentunya Anda sangat berharap agar cepat bertelur. Oleh karena itu, pemilihan makanan juga perlu diperhatikan untuk membantu lovebird cepat bertelur. Pilihlah makanan yang memiliki nilai gizi tinggi, seperti pemberian biji kenari, millet, jagung muda, kwaci, tulang sotong, biji sawi dan lain sebagainya.

Demikianlah 5 langkah dan cara ternak lovebird bagi pemula. Anda sebagai pemula dalam hal ternak lovebird perlu mempelajari ke 5 hal tersebut di atas.Jangan ragu untuk bertanya kepada kami melalui kolom komentar yang ada di bagian bawah artikel ini. Tim Mobi-bank akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan berdasarkan literasi, artikel dan berdasarkan pengalaman kami atau pun pengalaman peternak sukses lainnya.