Burung Lovebird

Cara Memasang Ring Pada Lovebird dan Permasalahannya

Cara Memasang Ring Pada Burung dan Permasalahannya – Ring biasanya dipakaikan kepada burung untuk menandakan burung tersebut adalah hasil dari penangkaran. Ring sendiri dapat diberi kode atau tulisan sesuai dengan keinginan pemilik. Namun, terkadang terdapat suatu masalah saat burung anda dipasangkan ring pada pergelangan kakinya.

Masalah tersebut dapat timbul karena salah pemasangannya atau jenisnya yang salah sehingga membuat burung anda tidak nyaman dan merasa kesakitan. Sangat disayangkan bukan? Oleh karena itu mari kita simak apa aja kesalahan yang dapat terjadi ketika memasangkan ring.

Usia Burung
Cara Memasang Ring Pada Burung dan Permasalahannya: Usia ideal yang tepat untuk pemasangan ring ini ketika burung masih berusia muda. Usianya yaitu anatar 5 – 11 hari, karena burung yang berusia kurang dari 12 hari kakinya cenderung masih lentur sehingga mudah dipasangi ring dan tidak membuat cedera pada burung. Saat usianya 12 – 15 hari, kakinya akan menjadi keras dan terus berkembang terlihat dari telapak kakinya yang membesar.
Saat usianya sudah tidak ideal lagi, sebaiknya anda tidak memaksakan untuk memakaikan ring kepada burung anda karena akibatnya bisa fatal. Akibat yang dapat terjadi adalah kakinya akan terluka bahkan bengkok hingga patah, sehingga sangat malang nasib burung anda jika harus menjadi cacat karena pemasangan ring yang tidak sesuai dengan usianya.

Ukuran Ring Tidak Sesuai
Cara Memasang Ring Pada Burung dan Permasalahannya: Sesuaikanlah ukuran ring dengan ukuran kaki burung anda karena ring mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Pilihlah ring yang ketika dipasangkan ke burung masih bisa bergerak ke atas dan ke bawah, karena jika ring tersangkut ketika digerakan maka akan menggangu aktivitas dan keehatan burung. Kasus yang sering terjadi adalah ketika burung beranjak dewasa, ring menjadi lebih sempit. Oleh karena itu pilihlah ring yang sesuai dengan jenis burung atau carilah ring yang fleksibel atau dapat dibongkar dan dipasangkan kapan saja.

Jenis-jenis Ring diantaranya :
Ring laser : Tulisan yang digunakan pada ring ini menggunakan laser dan tulisannya datar atau tidak masuk ke dalam.
Ring grafik laser : Tulisan yang digunakan menggunakan laser dan hurufnya lebih menjorok kedalam atau cekung dan tidak datar seperti ring laser.
Ring baja laser : Ring jenis ini sulit untuk dipotong dan sangat kuat. Ciri nya yaitu berwarna silver dan cocok untuk burung hasil penangkaran yang berkualitas baik.
Ring donat : Tulisan yang digunakan dari laser, cirinya bagian luar terlihat cembung sehingga banyak yang menyebutnya dengan istilah ring donat
Ring roda : Ring ini terbuat dari alumunium dan memiliki warna yang bervariasi
Ring mata kucing : Jenis ring ini hampir sama dengan ring roda, namun tulisanya menggunakan laser sehingga terlihat lebih menyala.
Ring powdercoating : Ring ini terbuat dari alumunium dan dilapisi karet sehingga membuat burung merasa nyaman.
Ring klip : ring ini terbuat dari plastic sehingga dapat dibongkar dan dipasangkan kembali kapan saja karena terdapat klip pengunci.
baca juga: Cara Ternak Lovebird Bagi Pemula yang Baru Memelihara Burung

Cara Pemasangan Salah
Cara Memasang Ring Pada Burung dan Permasalahannya: Terdapat cara atau teknik tersendiri dalam memasangkan ring pada burung yaitu dengan menekuk jari kaki bagian belakang ditekuk keatas, menekukan kaki ke atas tidak akan menyakiti burung. Namun jangan mencoba untuk menekukan kakinya kebawah karena burung anda akan merasa kesakitan. Jangan lupa untuk memberi pelican seperti minyak kelapa atau yang lainnya agar mempermudah dan mempercepat pemasangan ring.

Diasingkan oleh Indukan
Anakan burung yang dipasangi ring dapat diasingkan oleh indukan. Indukan ini beranggapan bahwa pemasangan ring akan membahayakan dirinya dan anakan yang lain, sehingga si induk akan berusaha menyingkirkan anakan burung yang telah dipasangi ring.
Terdapat suatu tips atau cara agar anakan tersebut tidak diasingkan. Caranya yaitu dengan meletakan biji-bijian pada sangkar burung karena biasanya indukan menyukai kebersihan sehingga akan lebih sibuk untuk membuang biji-bijian tersebut dan melupakan bahwa anaknya telah dipasangi ring. Namun cara ini hanya untuk mengalihkan perhatian indukan saja, karena bisa jadi sewaktu-waktu induk tersebut sadar. Oleh karena itu tetaplah waspada terhadap anakan yang telah anda pasangi ring dan perhatikan selalu.

Incoming search terms:

  • christmas